RSS
                                        

Panduan Jika Join File Gagal

Setelah saya amati selama ini, ternyata masalah yang paling sering downloder alami (dan saya juga waktu awal2 menggunakan HJ-Split) adalah join file yang tidak komplit (meskipun untuk sotware seperti HJ-Split, akan tetap muncul pemberitahuan bahwa joinnya komplit). Oleh karena itu saya merasa perlu untuk memberikan solusi sederhana, apa yang harus downloder lakukan jika mengalami masalah dalam menjoin file.

Sebelum memberikan solusinya, ada baiknya kita bahas dulu penyebab seringnya terjadi kegagalan dalam join file :

1. Kesalahan pemberian nama file oleh Uploader, tapi hal ini akan jarang sekali terjadi.

2. Ada salah satu part yang terdownload bukan filenya melainkan hanya file htmlnya tapi hal ini juga akan jarang terjadi mengingat downloader pasti akan segera menyadarinya.

3. Nah, penyebab terbesar kegagalan dalam join file adalah adanya nama file part yang berbeda sehingga part tersebut otomatis tidak akan ikut ter-join (syarat mutlak join file berhasil adalah nama filenya harus sama).

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang apakah solusinya? Kami akan mencoba memberikan solusinya beserta dengan contoh kasusnya agar pengunjung lebih mudah mengerti. Silahkan dibaca baik-baik contoh kasusnya dibawah:

Saya sedang mendownload salah satu film koleksi kami yaitu Film Zombie Apocalypse.
 Rincian ukuran file per partnya adalah sebagai berikut:
 Part1 = 127 MB
 Part2 = 127 MB
 Part3 = 124 MB

 Jika berhasil dijoin dengan sempurna maka ukuran filenya kurang lebih = 378 MB

Saat sedang download Part1 dan Part2, koneksi internet saya stabil dan file berhasil terdownload dengan lancar tanpa harus di download ulang.

Nah, ketika saya mendownload Part3 nya, koneksi internet saya tiba-tiba down dan downloadan saya pun terhenti. Kemudian saya mengulangi mendownload Part3 nya tersebut (dan inilah sumber masalahnya).
Setelah berhasil mendownload ke-3 part film ini, nama file partnya akan seperti dibawah :
 Zombie.Apocalypse.2011.mkv
 Zombie.Apocalypse.2011.mkv
 Zombie.Apocalypse.2011.mkv_002

Nah, coba perhatikan nama file Part3 diatas, karena saya downloadnya berulang (tanpa resume), nama filenya berubah menjadi
 Zombie.Apocalypse.2011.mkv_002.

Jika saya menjoin file diatas dalam keadaan seperti ini, maka file yang akan ter-join hanya Part1 dan Part2 dengan ukuran file hanya 240 MB dan otomatis durasi filmnya juga hanya 2/5 dari durasi sebenarnya.

Nah, sampai disini sudah jelas penyebab kegagalan dalam join file dan tentunya solusinya sudah terbayang kan? Sebelum join file semua nama file partnya harus sama, jadi Rename saja nama Part3 nya diatas, hapus angka _002 maka joinnya akan berhasil dengan komplit.

Selamat Mencoba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Komentar:

Posting Komentar